Selamat datang di blog saya semoga kalian mendapatkan informasi menarik disini.

Senin, 21 Oktober 2019

Fintech Indonesia dan Perekonomian Indonesia

Hadirnya financial technology atau yang lebih sering disebut dengan fintech memiliki pengaruh pada sektor perekonomian di Indonesia. Ada beberapa hal yang saling berkaitan satu sama lain sejak kemunculan layanan fintech Indonesia 
Fintech Indonesia dan Perekonomian Indonesia

Menaikkan Taraf Hidup
Dengan hadirnya fintech Indonesia, secara langsung maupun tidak langsung turut andil dalam meningkatkan Produk Domestik Bruto (PDB). Seiring bertambahnya PDB tersebut, konsumsi rumah tangga juga ikut meningkat. Dengan adanya pinjaman yang mencakup seluruh lapisan masyarakat, maka masyarakat yang tadinya kurang mampu dapat menaikkan standar ekonominya menjadi lebih baik. Selain itu, kehadiran fintech Indonesia menaikkan sektor perdagangan, keuangan, dan asuransi.

Pelengkap Jasa Keuangan
Jasa keuangan yang sudah dikenal masyarakat luas adalah bank. Namun, masih banyak orang yang belum memiliki rekening bank di Indonesia. Hadirnya fintech Indonesia membukakan peluang bagi mereka yang belum memiliki rekening bank untuk memudahkan pembayaran dan kegiatan yang biasanya hanya dapat dilakukan melalui bank dan harus melalui rekening. Meski begitu, kehadiran fintech bertujuan bukan menggantikan posisi bank, namun melengkapi. 

Membuka Lapangan Kerja
Bertambahnya fintech di Indonesia otomatis memerlukan karyawan-karyawan baru. Dengan begitu, hadirnya fintech juga membuka lapangan kerja lebih banyak dari sebelumnya. Pekerjaan di bidang lain selain fintech juga semakin terbuka karena fintech memfasilitasi masyarakat untuk meminjam uang dan menaikkan taraf hidup melalui jalur pendidikan, sehingga semakin banyak orang yang memenuhi syarat untuk masuk kerja dengan menyelesaikan pendidikan yang lebih tinggi dibantu oleh fintech tersebut. Pekerjaan di sektor lain seperti pertanian juga terpengaruh, dengan adanya pinjaman tanpa agunan yang mudah untuk diakses, maka petani-petani mulai mendapatkan modal untuk mengerjakan sawah dan ladangnya. 

Banyak hal-hal yang terjadi setelah hadirnya fintech di Indonesia. Mulai dari taraf hidup yang meningkat hingga terbukanya lapangan kerja yang menjadikan perekonomian di Indonesia mulai meningkat sedikit demi sedikit. Namun, jika anda berniat melakukan pinjaman peer to peer berbasis fintech, pastikan perusahaan tersebut sudah terdaftar di OJK. Selain demi keamanan anda, fintech yang terdaftar di OJK memiliki regulasi yang ketat dibandingkan dengan fintech ilegal. Perhatikan juga apabila anda meminjam di dalam program kredit tanpa agunan (KTA).

Pastikan anda membaca peraturan dengan seksama dan jangan tergiur bunga yang rendah. Buat perhitungan dengan cermat sebelum meminjam. Sebab perhitungan meleset sedikit saja dapat membuat anda terperangkap dalam jebakan iming-iming dari kreditur. Pinjaman yang sedang populer saat ini biasanya hanya membutuhkan untuk mengunggah foto KTP dan KK anda, lalu dalam hitungan menit uang akan segera meluncur ke rekening anda. Namun, anda perlu berhati-hati sebab data tersebut merupakan data pribadi yang dapat disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Baca juga : Mengenal Lebih dalam Layanan Fintech Indonesia

Social Profiles

Twitter Facebook Google Plus LinkedIn RSS Feed Email Pinterest

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © prived.net | Powered by Blogger
Design by Lizard Themes | Blogger Theme by Lasantha - PremiumBloggerTemplates.com